Gejala Penyakit Kanker Payudara

Saturday, July 28th 2018. | Gejala

Mengetahui Gejala Penyakit Kanker Payudara – Umumnya kanker payudara dialami oleh wanita. Kanker payudara merupakan penyakit yang mematikan,sehingga ditakuti oleh setiap wanita. Kanker payudara dapat tumbuh berawal pada lobulus(pabrik penghasil susu), pada saluran air susu, dan jaringan lainnya atau jaringan lemak. Gejala penyakit kanker payudara antara lain; terdapat benjolan pada payudara dan ketiak, perubahan kulit pada payudara,perubahan kondisi puting, gatal dan ruam pada payudara, dan kanker payudara metastatis(Kanker payudara metastatis berarti telah menyebar ke seluruh tubuh).

gejala penyakit kanker payudara

PENYEBAB GEJALA PENYAKIT KANKER PAYUDARA

  • Merokok

Termasuk kanker pada wanita muda dan premenopause, dan merokok dapat meningkatkan risiko komplikasi pada saat masa penyembuhan kanker payudara, seperti merusak paru-paru pada terapi radiasi, sulitnya operasi penyembuhan kanker payudara dan rekontruksi payudara, tingginya risiko penggumpalan darah saat sedang dalam terapi hormon.

  • Kurangnya pergerakan(malas untuk bergerak)

Karena aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari dapat membantu penyembuhan pada gejala penyakit kanker payudara, seperti berjalan kaki, berkebun, membersihkan rumah, dan bermain.

  • Sering memakan makanan yang berat yang dapat meningkatkan berat badan

Menurut jurnal BMI open, bahwa perempuan yang mengganti ukuran pakaian setiap 10 tahun sekali pada umur 20-an hingga 60-an, berisiko pada kanker payudara sekitar 33% lebih tinggi.

  • Mengonsumsi pil KB

Menurut Cancer Research pada tahun 2014, kontrasepsi yang diminun oleh wanita yang berumur 20-49 dapat meningkatkan risiko terkena gejala penyakit kanker payudara.

  • Bekerja pada malam hari

Wanita yang memiliki jam kerja malam dapat meningkatkan risiko kanker payudara, sebab hormon-hormon, salah satunya hormon melantonin yang dapat mengganggu jam tidur jadi berubah. Rendahnya hormon melantonin dapat dijumpai pada wanita yang terjangkit kanker payudara.

  • Sering ngemil pada malam hari

Menurut sebuah jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers,dan prevention menemukan bahwa,makan malam hari lebih awal akan meningkatkan risiko kanker payudara. Glukosa yang tinggi dapat meningkatkan gula darah dan dapat memicu kanker payudara

MAKANAN YANG DAPAT MEMICU GEJALA KANKER PAYUDARA

1. Makanan yang dipanggang terlalu matang

Makanan yang dipanggang terlalu matang akan menimbulkan gosong, gosong ini dapat menyebabkan kanker payudara karena adanya bahan kimia karsinogenik.

2. Kue dan biskuit

Kue dan biskuit terdapat lemak dan lemak trans(lemak terhidrogenasi) yang dapat meningkatkan kolesterol tinggi dan menurunkan kolesterol baik(HDL).

3. Alkohol

Alkohol dapat meningkatkan risiko kanker payudara, alangkah baiknya untuk menjauhkan alkohol bagi wanita.

4. Snack ringan

Snack ringan banyak mengandung kadar sodium yang tinggi sehingga dapat menyebabkan hipertensi, dan juga pengawet yang dapat meningkatkan risiko kanker.

5. Daging olahan

Daging olahan dapat menyebabkan kanker disebabkan adanya pengawet dan terdapat karsinogenik(makanan yang gosong)

6. Daging merah

Daging merah sering dikaitkan dengan risiko kanker payudara pasca monepause.

7. Gula

Gula merupakan pemanis alami namun tetap harus berhati-hati karena dapat meningkatkan kadar glukosa darah dan dapat mengembangkan kanker payudara.

8. Makanan yang di awetkan

Makanan yang di awetkan terdapat bahan pengawet yaitu nitrat, nitrat dapat berubah menjadi nitrosamin. Nitrosamin adalah bahan kimia yang dapat menimbulkan kanker pada pencernaan dan hati.

9. Softdrink dan minuman bersoda

Softdrink dan minuman bersoda mengandung kalori tinggi, gula,zat buatan tambahan, tidak memiliki nutrisi. Pada minuman bersoda terdapat kadar gula yang tinggi dan bersifat korosif. Meminum minuman bersoda dua kali seminggu dapat meningkatkan kanker pankreas dua kali lipat.

10. Pemanis buatan

Pemanis buatan sering ditambahkan pada bahan makanan/minuman sebagai pemanis, pemanis buatan yang sering digunakan adalah aspartame. Aspartam dapat menyebabkan kejang, katarak, dan kelemahan otot lambung. Zat ini dapat menyebabkan kanker, terutama kanker otak.

11. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung pestisida

Sayuran dan buah-buahan yang mengandung pestisida dapat menjadi penyebab kanker. Pestisida merupakan penyebab kanker yang paling mematikan dan berbahaya.

PENCEGAHAN PADA GEJALA PENYAKIT KANKER PAYUDARA

MENJAGA BERAT BADAN AGAR TETAP IDEAL

Menjaga berat badan dapat mencegah terjadinya kanker payudara, sebab apabila wanita mengalami pertumbuhan berat badan atau obesitas setelah masa monepause dapat meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 30-60%. Maka alangkah baiknya untuk menjaga berat badan untuk kesehatan dan mencegah kanker.

BERHENTILAH MEROKOK

Merokok dapat meningktkan kanker payudara karena memiliki risiko terkena kanker payudara besar daripada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali, risiko yang akan dialami apabila masih aktif merokok dapat mencapai 24% lebih tinggi.

JAUHI ALKOHOL

Mengonsumsi alcohol dapat meningkatkan risiko kanker, karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah.

BEROLAHRAGA RUTIN

Berolahraga dapat mencegah terjadinya kanker karena adanya pergerakan.

Leave a Reply